Wednesday 31 October 2018

Apa itu penyakit bipolar disorder

Definisi

Apa itu gangguan bipolar?


Bismillahirahmanirrahim.

Bipolar disorder atau yang juga dikenal sebagai gangguan bipolar adalah suatu keadaan mental yang menyebabkan terjadinya perubahan mood yang ekstrem. Ia adalah penyakit gangguan jiwa (suasana hati).Hal ini membuat orang yang memiliki gangguan bipolar dapat berubah perasaan secara tiba-tiba dari sangat bahagia (mania) menjadi sangat sedih (depresi). Sering kali, di antara perubahan keduanya, pesakit tetap mengalami kondisi mood yang normal.

Penyakit ini bukanlah dalam kategori penyakit gila seperti ingin membunuh orang,mengamuk tak tentu arah atau psiko.Ia lebih kepada tekanan yang melanda fikiran dan hati seseorang secara berlebihan.Kerana berlebihan itulah pesakit akan mengalami perubahan mood secara mendadak.Ianya seperti ada 3 suara yang berbisik di dalam fikiran.Pertama suara akal iaitu berdasarkan logik minda,kedua suara ketakutan (anxiety),ketiga suara depression.Ia adalah bisikan negatif yang menyebabkan anda ketakutan serta berada dalam kebimbangan  berlebihan walaupun ia belum berlaku.
Contohnya dalam situasi begini;
Akal berkata "anda patut belajar lebih gigih supaya berjaya"
Anxiety berkata "untuk apa anda belajar kalau dah tahu anda tak boleh buat!anda akan gagal juga!"
Depression berkata "ya tinggalkan pelajaran itu.Tak ada gunanya.Stop it!"

Contoh kes lain ;
Paranoia
I went through a stage of thinking everyone was staring at me. Everywhere I went, everywhere I walked, they were looking at me and judging. Paranoia is nasty; it can make me think all kinds of unrealistic things. Paranoia talks to me. It feeds off me. The more paranoid I am, the more it manifests itself and becomes bigger. I start off by becoming paranoid with little things, then bigger things come into play. Paranoia can ruin so many relationships and friendships. No matter how many times I can be told I’m loved and wanted, my brain will still tell me I’m not. It’s a harsh world.
Anxiety is constant. It strikes with anything it can grasp its hands on. “Do my family still love me?” “When will I be ill again?” “When will the depression hit?” With anxiety comes, it’s this awful feeling in the pit of my stomach. I feel sick and full of dread. My stomach does somersaults. I worry about every minor aspect of anything. I get all nervy and jittery and can’t concentrate on anything. I worry and overthink constantly about everything. Anxiety makes me feel so tired. It makes my whole body tremble inside and out.
What it feels like to lose the will to live.(yang alami sahaja faham)

Saat pesakit merasa sedih, ia akan merasa tertekan, kehilangan harapan, dan bahkan dapat kehilangan keinginan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Tetapi saat merasa senang, dia akan merasa sangat bersemangat dan penuh ghairah. Perubahan mood tersebut dapat terjadi beberapa kali dalam setahun, atau bahkan seminggu dalam kes yang lebih parah. Kondisi jiwa ini dapat menyebabkan rosaknya hubungan peribadi, rendahnya motivasi dan produktiviti di tempat kerja, dan yang lebih buruk lagi dapat menyebabkan perasaan ingin melakukan bunuh diri. Oleh kerana itu, orang-orang dengan bipolar disorder sangat disarankan untuk menghubungi bantuan perubatan saat mengalami perubahan mood yang signifikan.

Seberapa umumkah gangguan bipolar?

Bipolar disorder sering kali muncul pada masa akhir remaja atau awal masa dewasa. Setidaknya, setengah dari kes munculnya gangguan bipolar adalah mereka yang berusia di bawah 25 tahun. Ada juga yang ada masalah ini hingga ke tua.Meskipun begitu, ada kemungkinan kondisi ini juga dapat ditemukan pada kanak-kanak dan orang dewasa. Selalu berkonsultasi dengan doktor untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala gangguan bipolar?

Saat seseorang terkena kondisi gangguan bipolar, ia akan mengalami perasaan emosional yang hebat dan terjadi pada suatu periode tertentu atau dikenal dengan “episode mood”. Setiap episode mood menunjukkan perubahan drastis dari mood dan perilaku normal orang tersebut. Suatu episode di mana ia terlihat terlalu bahagia dan bersemangat disebut episode manic sedangkan episode depresif menunjukkan suatu bentuk kesedihan yang ekstrem dan kehilangan kemahuan.Kadang, sebuah episode mood juga menunjukkan kedua gejala mania dan depresi.
Episode tersebut dinamakan kondisi campuran. Penderita juga akan menjadi sangat mudah tersinggung dan marah-marah dalam sebuah episode mood. Perubahan mood ini juga biasanya disertai perubahan ekstrem yang menyangkut energi, aktiviti, pola tidur, dan perilaku sehari-hari.
Selama episode manic, beberapa ciri dan gejala yang dapat muncul dari gangguan bipolar:
  • Merasa terlalu bahagia dan bersemangat.
  • Sangat sensitif dan mudah tersinggung.
  • Banyak makan.
  • Kurang tidur.
  • Bersikap gelabah dan melakukan kegiatan-kegiatan yang berisiko.
  • Berbicara dengan sangat cepat dan mengubah topik pembicaraan dari satu topik ke yang lainnya.
  • Mengalami penurunan kemampuan untuk melakukan penilaian atau pembuatan suatu keputusan.
  • Anda boleh juga dapat melihat hal-hal aneh dan mendengar suara-suara misteri
Sedangkan, dalam episode depresif, beberapa tanda dan gejala gangguan bipolar adalah:

  ▪Nak mati tapi rasa takut,nak hidup tapi rasa ianya menyakitkan.
  ▪
  ▪Rasa diri tak guna,semua orang adalah jahat dan melihat orang rasa menyampah.Mood on off.
  ▪Menangis dan sedih tanpa sebab.Jika bersebab sekalipun kesedihannya melampau-lampau meleret-leret hingga menganggu hari-harinya.
  • Merasa sangat bersedih dan kehilangan harapan pada jangka waktu yang panjang.
  • Rasa fobia untuk melakukan sesuatu dan takut untuk bergaul dengan masyarakat.Hilang keyakinan akibat berfikiran buruk dan negatif.
  • Kehilangan ketertarikan dalam melakukan kegiatan sehari-hari.Rasa tidak seronok dalam melakukan apa saja kegiatan meskipun sepatutnya ia menyeronokkan
  • Makan lebih sedikit.
  • Merasa ngantuk,malas,letih dan lembab
  • Merasa terlalu risau akan sesuatu dan kosong 
  • Ada masalah untuk fokus

  • Memiliki pemikiran untuk bunuh diri.
Episode-episode di atas dapat terjadi beberapa kali setahun atau bahkan setiap minggu. Harap hubungi dokter apabila Anda dan orang yang Anda sayangi menunjukkan gejala yang telah disebutkan di atas.

Bilakah saya harus berjumpa doktor?

Beberapa hal yang harus Anda periksakan ke doktor terkait gangguan bipolar adalah:
  • Memunculkan gejala periode mood yang terjadi dalam jangka waktu yang panjang.
  • Memiliki pemikiran untuk melakukan bunuh diri.
  • Merasa agresif dan konfrontasional.
  • Kesulitan tidur dalam beberapa hari.

Penyebab

Apa penyebab gangguan bipolar?

Sampai tulisan ini dimuat, masih belum menemui jawapan secara jelas apa penyebab spesifik dari kondisi jiwa bipolar disorder, tetapi ada beberapa faktor yang telah diketahui dapat menimbulkan gejala bipolar disorder. Faktor-faktor yang menjadi penyebab gangguan bipolar adalah:
  • Kondisi otak. Otak dapat melewati berbagai perubahan fisik yang memengaruhi tingkat bahan kimia otak (neurotransmitter) yang ada di dalamnya. Transmiter tersebut merupakan zat-zat yang memengaruhi mood.
  • Turunan genetik. Orangtua Anda atau angota keluarga lain dapat memiliki kemungkinan memiliki bibit bipolar disorder yang diwariskan kepada anda.
  • Pengaruh lingkungan sosial. Para peneliti telah menemukan bahwa mungkin terdapat beberapa faktor sosial yang dapat menyebabkan timbulnya bipolar disorder. Faktor-faktor tersebut dapat berupa perasaan stres akan suatu kejadian trauma di masa kecil,rendahnya kepercayaan diri, atau mengalami suatu kehilangan yang tragis.

Kesimpulannya jadilah pendengar setia masalah ahli keluarga atau kawan-kawan.Mereka mungkin nampak normal di luaran tetapi di dalam hati mereka wujud sebuah jiwa yang begitu kacau.Dengarlah cerita mereka dan bantulah mereka untuk bertemu doktor psikitari di hospital.Ada kad psikitari tak bermakna gila tapi untuk merawat gejala ini dari terus menyebabkan seseorang itu rasa terkurung dan takut dengan diri sendiri.Akhirnya cuba menamatkan riwayat hidup dengan cara salah.Jangan kita perlekehkan orang yang ada masalah penyakit bipolar disorder dan depression ini dengan menyalahkan mereka ini tiada pergantungan dengan Allah.Mereka ini bukannya tak ada yang jaga solat,berzikir.Tapi ini adalah satu penyakit.Harus dirawat segera.

Semoga insan-insan yang ada mengalami masalah bipolar disorder ini dipermudahkan Allah untuk mencari jalan penyelesaian.Allah akan bantu insyaallah.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Chalet kg kemensah

 Hari ini adalah hari yang bermakna sekali dalam hidupku.Dapat keluar berjumpa dengan kawan rapat hampir 3 tahun persahabatan.Allah permudah...